20 May 2010

My Name Is Khan [2010]

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Drama

gue bukan penggemar film India, mungkin hal ini disebabkan akan kenangan masa kecil gue, di mana film India itu sekali muncul di tv, jatahnya 3 jam. dan gue pernah iseng2 ngitung sambil melihat jadwal tv di koran, kalau dalam sehari, film India diputer di sekian banyak channel lokal Indonesia menghabiskan waktu ... 24 jam.

amaaaaazzzziiinnggg.

dan film India yang pernah gue tonton pun masih bisa dihitung oleh jari-jari tangan. Kuch Kuch Hota Hai, Kabhi Khushi Kabhie Gham, Eiffel I'm In Love Bride and Prejudice dan Slumdog Millionaire. dan dulu gue suka banget nonton sinetron Mahabharata di TPI. di jaman saluran itu belum kacau kaya sekarang.

dan film ini menambah daftar film India yang saya tonton.

My Name Is Khan.

sebuah film yang menyentuh. menceritakan tentang perjalanan seorang lelaki pengidap Asperger's Syndrome, Risvan Khan [Shah Rukh Khan], untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat. setelah anak tirinya tewas dalam sebuah racial-caused fight, paska insiden 9/11.

Rizvan adalah seorang India-Muslim yang datang ke Amerika menyusul adiknya, Zakir [Jimmy Shergill] setelah Ibu yang selama ini merawatnya dengan sabar meninggal dunia. di negeri Paman Sam itu. bermodalkan kamera handycam dari adik iparnya, Hasina [Sonya Jehan], Khan mulai memberanikan diri berjalan2 dan berinteraksi lebih banyak dengan orang2 di tempat tinggal barunya.

Zakir merekrut Khan untuk bekerja di kantornya sebagai seorang salesman produk kecantikan. tampak Risvan berhasil memikat beberapa klien, kemungkinan dikarenakan dia adalah seorang salesman yang jujur, dan mengatakan apa adanya mengenai produk2 yang dijualnya [karena dia juga telah mencoba semua produk yang akan dijualnya].


sampai suatu hari dia bertemu Mandira [Kajol], seorang hair stylist, single mother dan India-Hindu. setelah beberapa lama berteman, mereka pun menikah. walaupun adik Risvan menentang, karena menurutnya menikah dengan perbedaan agama akan membawa kesulitan.




beberapa tahun setelah mereka menikah, terjadilah peristiwa bersejarah yang menimpa Amerika Serikat, menara kembar WTC dihancurkan teroris. dan segalanya pun berubah bagi keluarga kecil ini. Sam [Yuvaan Makaar], anak kandung Mandira, dijauhi sahabatnya yang tinggal di sebelah rumah, Reese [Kenton Duty]. Mandira mengalami kesulitan di bisnis salonnya, dan orang2 mulai menaruh curiga pada Khan dan kaum Muslim. bahkan, Hasina, yang seorang Muslim berjilbab, sampai takut memakai jilbabnya karena perlakuan orang2 sekitarnya kepadanya.


tragedi besar yang menimpa keluarga Khan, membuat Mandira mengusir Risvan dari rumahnya, dan hanya memperbolehkannya kembali kalau Risvan berhasil bertemu Presiden Amerika Serikat dan mengatakan padanya kalau dia bukan teroris.

dan di sinilah cerita yang sebenarnya mulai.








selama perjalanannya bertemu Presiden Amerika, yang sempat berubah dari seperti George W. Bush ke penerusnya yang seperti Barrack Obama [Christopher B. Duncan], Risvan mengalami banyak kejadian, yang sebenarnya hanyalah perbuatan biasa yang layaknya dilakukan seorang manusia kepada sesamanya, tetapi di tengah2 konflik yang ada pasca-9/11, perbuatan yang dilakukan Risvan bermakna jauh lebih dalam di mata orang banyak.

seperti yang gue bilang sebelumnya, gue bukan penikmat film India, tapi dari yang sudah gue tonton, bisa gue katakan film India jalan ceritanya kuat.
gue suka sekali akting Shah Rukh Khan di film ini, bagus banget. aku sampai terharu. dan walopun mukanya ga diapa2in, tapi enggak keliatan ganteng seperti biasanya beliau ini. mantap!
dan Kajol ... edan, perempuan ini TJUWANTEK banget ya??


angle2 pengambilan gambarnya dan penggunaan warna2nya tuh keren banget!! sempet takjub sih, hanya adegan potong rambut bisa dibikin sensual gitu, walopun aura Indianya masih kenceng banget. dan film ini lebih bersih dari adegan Otan2an tari2an dan eLmo2an plus nyanyi2 dengan suara cempreng khas film India. ada sih  nyanyi2, tapi enggak India2 amat.

untuk saat2 seperti ini, menurut gue My Name Is Khan adalah salah satu film yang wajib tonton.
dan renungkanlah kata2 Ibunda Risvan Khan berikut ini:


"di dunia ini hanya ada 2 tipe orang.
orang baik dan orang jahat.
selain itu, kita semua sama."

ps. picture came from Google Image Search


20 comments:

rendy imandita said...

si eifel i'm in love itu film pertamanya yogi..... kalah berantema ma sammy dia.dan jadi simpenan titi kamal,,,,, kasian sekali

rendy imandita said...

btw..aku mau pinjamm DVDnya knapa lupa muluk yak

aku eLmo kamu siapa said...

yang pacarnya Shandy Aulia itu bukan sih?
ntar kalo ada di tipi liat ah.

aku eLmo kamu siapa said...

nggak tau.

rendy imandita said...

iyak.... ciuman pas ujan ujanan pula....

lindung ganteng said...

Hayyaaahh... Malah "Eipel am in loph" yg dibahas..... *pecut eLmo sama Rendy* CTAAAARRRRR.....!!!!! CTAAAAARRRRR.....!!!!

aku eLmo kamu siapa said...

*kasih cermin ke Lindung*

rendy imandita said...

cermin mah ga cukup....... gimana kalao kasi kudanil aja

lindung ganteng said...

Ishhh......

*rebut cermin*

*potong kecil²*

*kasih pigura*

*jualan cermin di MangDu*

Hehehehehe...

lindung ganteng said...

Waaa..... Kudanil mah buasssss......

Tatuuuuuttt ihhhhhh....

aku eLmo kamu siapa said...

kalo ngegigit bisa ucul ...

fickle boon said...

SETUJUUUUUUUUU!!!

pengen lo kekepin gak siihh... hehe aku ngefans padanya :D
film ini bagus, cuma gw gak suka sama 1 jam terakhir pelem ini :D eniwei, kamu belom ntn 3 Idiots yah? naaahh.. sanah cari dipidinya, itu KEREN!

aku eLmo kamu siapa said...

1 jam terakhir yang badai bukan sih?
yah emang cukup anti klimaks sih. tapi aku suka endingnya ^^

iya nih belum nonton 3 Idiots. waktu itu hampir nonton itu ma Sup dan Pol di Bandung. tapi lama ya :|
3 jam. dan udah sore. ga jadi deh hehe.

fickle boon said...

gak nyesel deh kamu nonton 3 idiots hehehe...

i jam terakhir itu mulai dari dia bebas itu terus liat bininya lagi naek taksi... udah deh... doeng doeng doeng

aku eLmo kamu siapa said...

oohh ... ya ya ya ....
tapi kelakuannya Khan ini lucu banget yaaa ...

"Khan, did you know-"
"No, i don't know"

XD

lindung ganteng said...

Film ini tembus holywood nggak....???

aku eLmo kamu siapa said...

kalo di imdb sih dia rilis di US tapi limited.

fickle boon said...

gw suka tiap kali dia ngejelasin ke orang kalo namanya Khan..bukan Kan, from the epiclotus hihihi... atau saat dia muter2 sambil mrintilin rambut en bilang "no no no no"

rendy imandita said...

wah keluar di amrik ndung.. nonton di sana yuk...

aku eLmo kamu siapa said...

iya "no no no it's Khhhhhhan, Khhh, Khhh ... Khhhaaann' XD

Post a Comment

 
;