04 August 2011

Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 [2011]

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Cult

warning!
spoilers ahead.
loads of pictures.
a very long entry written
in the state of broken hearted.
by the end of a saga.
and the death of the first crush
in Harry Potter movies.
and the story behind...



begin...

Harry Potter.
And The Deathly Hallows.
Part 2.




ketika tiket Deathly Halows Part 2 sudah di tangan, banyak sekali perasaan yang datang. mulai dari bahagia, lega, sampai ... nggak rela. yep, nggak rela kalau saga yang hebat ini habis. dan setelah ini nggak ada lagi film bagus yang ditunggu. ketika selesai nonton Return Of The King beberapa tahun lalu, kita masih mempunyai harapan pada Harry Potter. tapi sekarang Harry Potter-nya habis.
masih ada The Hobbit sih. walaupun cuma dua film.
well, nanti aja ngebahasnya, ini kan gw mau bikin review filmnya.

gw gak ngomongin detail ceritanya ya, i assumed most of you had watched the first movie and/or read the book.







begitu film dilmulai, gw udah bisa merasakan kesedihan. bukan karena Voldemort mencuri Elder Wand milik Dumbledore yang sudah terbujur kaku, tetapi karena begitu film dimulai, gw punya waktu sekitar dua jam untuk menikmati apa yang tersisa dari Wizarding World. setelah dua jam itu lewat, habis.
dan begitu film dimulai, begitu pun dengan rollercoaster emosi. diiringi scoring ciamik karya Alexandre Desplat, kita akan merasakan ketegangan yang dirasakan Harry, Ron dan Hermione ketika menyelinap ke Gringotts, kengerian ketika para Death Eaters yang dipimpin Voldemort siap menyerang Hogwarts, kesedihan Snape ketika Harry terang2an menentangnya, dan kenangan Snape akan Lily Evans, sampai kedamaian setelah Voldemort tiada.

luar biasa sekali Om Prancis ini. saya salut padanya.
setelah John Williams dan scoring Prisoner of Azkaban-nya, karya Alexandre Desplat untuk film ini lah yang saya suka.

menit demi menit berlalu, sampai akhirnya masuk ke adegan "19 Years Later".

sebelum gw menonton film ini, gw mengira akan keluar bioskop dengan perasaan puas dan bahagia. ternyata gw salah. bukan karena gw enggak puas dengan film ini, gw SANGAT puas. walaupun gw udah lupa sama apa yang gw baca di buku ketujuh, tapi gw enggak menyangka begitu melihat visualnya akan terasa pilu.

memandangi siluet Snape ketika film dimulai, sedang melihat ke barisan siswa2 Hogwarts yang tersisa, sudah bisa membuat gw sedih.
belum lagi adegan kembalinya Harry ke Hogwarts untuk mencari mahkota Rowena Ravenclaw. diiringi scoring khas Harry Potter. oh my God, asli gw sedih banget dengernya. walaupun adegannya teman2 Harry itu sedang bersorak karena teman mereka kembali ke sekolah tercinta, tetapi buat gw, itu adegan yang sangat memilukan. karena itu adalah terakhir kalinya Harry menginjakkan kaki di Hogwarts, sekolah yang merupakan rumah yang sebenar2nya untuk dia. sebuah tempat dimana dia pertama kali merasa diterima. dan scoring khas John Williams yang diberi nama Hedwig's Theme itu justru membuat adegan itu semakin memilukan.

adegan berikutnya yang cukup membuat gw miris adalah ketika para guru di Hogwarts mulai casting spell untuk membuat perlindungan bagi sekolah mereka tercinta. gila. sekolah sihir kebanggaan mereka, yang sangat sakti mandraguna harus diberi perlindungan ekstra demi keselamatannya. dan tak hanya mantra pelindung yang digunakan, tetapi juga gargoyle2 yang selama ini mematung di sekujur sisi castle, harus dihidupkan oleh Professor McGonaggal, dan anggota2 yang tersisa dari Order of the Phoenix pun menyebar di sekeliling istana untuk melindungi sekolah sihir itu.



klimaks kesedihan film ini adalah .... Snape.
yap, semua adegan yang berkaitan dengan Severus Snape membuat gw sedih. bukan karena dia adalah first crush gw di film Harry Potter [yeah, gw mungkin jatuh cinta abis2an sama Sirius Black ketika membaca bukunya, tetapi di film, Severus Snape muncul duluan. gw bahkan sempat membenci Gary Oldman karena dia yang jadi Sirius, bukan Christian Bale!], tetapi karena gw udah tahu apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu Snape. sangat pedih.
gw mulai sedih ketika Harry memaki Snape, karena ia berani menggantikan posisi Dumbledore. bocah puber itu tidak tahu apa yang terjadi antara Snape dan Dumbledore. dia tidak tahu apa yang dirasakan Snape ketika, sekali lagi, melihat mata yang sama persis seperti mata wanita yang pernah dicintainya berkilat marah kepadanya. bocah itu juga tidak tahu apa yang sebenarnya dirasakan Snape ketika setiap hari ia melihat si Kepala Codet berkeliaran di Hogwarts.

sampai ketika guru seksi yang selalu berbusana hitam itu menghembuskan nafas terakhir. dan semua memori yang ada di kepalanya keluar melalui air matanya, dan si Kepala Petir kemudian mengetahui apa yang sebenar-nya terjadi, melalui Pensieve.

gw sekuat tenaga menahan diri tidak meraung2 di dalam bioskop ketika melihat Snape muda memohon2 kepada Dumbledore untuk melindungi Lily, wanita cinta matinya, dan keluarganya dari incaran Voldemort. dan betapa sedihnya Snape ketika rencana yang sudah disusun Dumbledore gagal total. Lily dan James Potter tetap terbunuh.






gw salut banget sama akting Alan Rickman di sini.
sangat megangumkan kalau teringat cerita bahwa Alan Rickman adalah satu2nya orang yang mengetahui latar belakang hubungan Snape dan Harry dari JK Rowling sendiri, sebelum ia menerima peran sebagai Severus Snape.
dan setelah dulu gw terkagum2 akan kemampuannya mengucapkan sederet kalimat dengan suara satu nada, sekarang gw salut sama performanya sebagai Severus Snape. luar biasa. tak ada lagi guru judes yang selalu bikin su'ujon. yang ada seorang lelaki yang berusaha sebisa mungkin mempertahankan apa yang tersisa dari seorang wanita yang sangat dicintainya. walaupun wanita itu sudah lama mati.

sinting kau, Rowling!
SINTING!!!

oh ya, dan bukan, Harry bukan anak hasil hubungan Severus dan Lily. walaupun kelihatannya demikian, mengingat James Potter yang nggak ada ganteng2nya acan.

satu orang lagi yang membuat gw angkat topi akan kepiawaian aktingnya, Ralph Fiennes.
Lord Voldemort himself.
sejak kemunculan perdana versi upgraded Voldemort [dari sepotong wajah di belakang kepala Professor Quirell] di Goblet of Fire, gw sudah mengagumi Om ini. aktingnya luar biasa. walaupun dia hanya muncul sebentar, tapi performancenya yang sangat teatrikal megang banget. aura mengerikannya luar biasa dahsyat.

dan jangan lupakan wanita rempong yang selalu setia di sisi Voldemort, Bellatrix Lestrange. akting Helena Bonham Carter di film ini spektakuler sekali. mulai dari wanita sakit jiwa, Bellatrix, hingga Hermione yang meminum Polyjioce Potion sehingga menjadi Bellatrix. luar biasa.



perang sihir antara Hogwarts dan Death Eaters pun sangat epic. walaupun mungkin belum se-epic Helm's Deep. sangat menyedihkan melihat korban2 yang berjatuhan dari pihak Hogwarts. Lavender Brown? gadis yang tergila2 pada Ron setahun sebelum perang in terjadi, suami istri Lupin dan Tonks, yang seperti kata Suppi, sejak perang dimulai hingga tewas dalam peperangan, mereka berdua tak bisa saling berpegangan tangan. dan, tentu saja, Fred Weasley, salah satu dari si kembar yang lucu. sedih sekali melihat keluarga Weasley bertangis2an akan kematian salah satu anggota keluarga mereka.

what is wrong with you, Rowling?!

gontok2an antara Harry dan Voldemort juga edan banget. the real war between them started when The Dark Lord said, 'Harry Potter, the boy who lived, comes to die.'
Avada Kedavra Voldemort yang berbalik mengenainya, Harry yang berpura2 mati dan ditanya Narcissa mengenai keadaan anaknya, lalu Neville yang gagah berani menantang Voldemort dengan pedang Gryffindor. luar biasa.



keluarga Malfoy di film ini seolah membuktikan kata2 Rowling, bahwa tak ada karakter yang benar2 baik atau jahat di film Harry Potter ini, kecuali Voldemort sendiri. Lucius [yang, astaghfirullah, jadi ganteng banget dengan stubble!] berusaha mencegah penyerangan terhadap Hogwarts, lalu Draco yang sebenarnya hanya menuruti kata orangtuanya, dan Narcissa yang berbohong akan kematian Harry, demi keselamatan anaknya. dan mereka pulalah yang pertama kali berbalik ketika mengetahui kalau Harry masih hidup. sangat menggemaskan melihat Narcissa dan Draco berjalan bergandengan tangan.

ada dua adegan yang mirip di film ini. yaitu adegan perawatan setelah perang. kalau yang pertama diperlihatkan adalah adegan yang mengharukan, dengan banyak korban meninggal dan isak tangis, adegan perawatan yang kedua adalah setelah matinya Voldemort. suasana terasa lebih ceria. bahkan gw ikut tersenyum mendengar percakapan2 di Great Hall yang sudah hancur.
Wizarding World sudah aman dan damai.


untuk adegan 19 Years Later, gw nggak terlalu bermasalah. mungkin bukan penutup yang sempurna, tetapi sangat menyenangkan melihat keluarga2 sihir itu regenerasi.
memang agak aneh melihat Daniel Radcliffe, Rupert Grint dan Emma Watson jadi Bapak2 dan Emak2, but, hey, that's life. Daniel saja sudah berubah sekali semenjak pemunculan perdananya di Philosopher's Stone bukan?
dan tampaknya pemeran Ginny, Bonnie Wright tidak perlu dimake up banyak2 untuk terlihat tua, karena memang mukanya sudah tua.

well, that's my two cents about the movie.
it's a lot, i know.
it's just because.
it's Harry Potter.
i can't help it.


mischief managed.

ps. Snape's character poster came from moviefanatic.com,
image of Harry potter casts in premiere came from rickey.org,
image of Voldemort and Death Eaters came from mrmovietimes.com,
image of Harry in Hogwarts came from aceshowbiz.com,
image of Order of the Phoenix came from fanpop.com,
image of Snape came from theglobemail.com,
image of Snape and Lily came from peaceful-two-eyes.tumblr.com,
image of Alan Rickman came from nd.edu,
image of Ralph Fiennes came from cannotbedefined.tumblr.com,
image of Voldemort and Death Eaters [again] came from weheartit.com,
image of Neville Longbottom came from hitfix.com,
image of the Malfoys and Bellatrix came from fanpop.com,
image of Voldemort, Bellatrix, Dumbledore and Harry came from images.wikia.com,
image of the casts came from upi.com,
image of the twins came from celebuzz.com.



39 comments:

rendy imandita said...

T_T sediiiih.... tapi emma watson kok jadi ga bikin sedih yaaa

Ay Ya said...

I will always Love Harry Potter n friend

Wolfe eLmo said...

dia udah bikin sedih pas Obliviate keluarganya di Part 1.

Wolfe eLmo said...

Wizarding World and Middle Earth will always have a special place in my heart.

aku eLmo kamu siapa said...

dia mah udah bikin sedih semenjak Obliviate keluarganya di Part 1.

aku eLmo kamu siapa said...

Wizarding World and Middle Earth will always have a special place in my heart.

Velisha ~ said...

Emang bintang di final ini ya Snape. Kl bisa pengennya panjang aja deh tuh adegan flashbacknya yah!
Thanks buat reviewnya, cukup merangkumkan juga sih kesan2 gw soal Harpot FInal ini.
Waktu gue nonton, ternyata cukup banyak cowo-cowo kuliahan (bukan sbg couple nonton bareng cewenya gitu), orang dewasa bahkan kakek2 nenek2 loh, gw jd mikir, wah yg baca menikmati Harpot itu tyt emang semua usia ya.
Pas film ini ending, seorang cowo yg duduk di deretan depan langsung tereak: LEGIT!!! gw sampe ketawa hahaha
This is a legit movie, apalagi buat ending Harpot *ikutan sedih*

aku eLmo kamu siapa said...

yup, emang diam2 Snape menyimpan banyak kunci ke semua permasalahan ini ya :|
kayanya ini juga balas dendamnya David Yates setelah sebelumnya bikin Half-Blood Prince kurang bisa berkreasi, sekarang dia dapet satu buku jadi dua film. ngamuklah dia X)

a perfect ending banget emang. hiks.

Velisha ~ said...

iyaaa gw kaget wkt baca bukunya soal Snape & Lily udah kenal sejak masih kecil, doh itu Rowling emang jago... malah kata gue di film ini romance Harry paling ngga seru...
Gw pengen nonton Deathly Hallows 1-2 berurutan, soalnya part 1 kurang seru kalo ditonton terpisah. Kalo dua film ini jadi satu, oke deh, cuma kalo di bioskop yg jelas gue pasti pengen ke toilet hahaha

Zeneth -ThE eZn- said...

sudah bacaaaaaa!! siaul kau mo,, bikin gw haru biru lagi membayangkan film itu T_T
ENdingnya bagus mo,, semua pertanyaan di kepala kita terjawab semua. Salah satunya karakter snape yg sejak seri awal ga jelas, apakah dia baik atau buruk.

well,, great job!

marie olive said...

hmmm.. cuman bisa kasih bintang segini.

aku eLmo kamu siapa said...

iyaaa ... dan lebih kaget lagi pas tau mereka sahabatan!
dan Snape rela melepas jabatan Death Eaternya demi Lily ahuuuuu ....

waktu nonton pertama kali, beser gw kumat dong :| dan setelah adegan guru2 casting spell untuk Hogwarts itu larilah saya ke toilet :| kembali2 Voldemort udah misuh2 sama Lucius :|

aku eLmo kamu siapa said...

sebetulnya nambah pertanyaan sih:
mungkinkah Harry itu anak Lily dan Snape? :|

begitu tau Snape itu baik makin pilu kalo teringat Snape yg dituduh nge jinx sapunya Harry di pertandingan Quidditch pertamanya, padahal maksudnya Snape komat kamititu untuk menangkal jinxnya Quirell T___T

aku eLmo kamu siapa said...

your call.

irina lune said...

aku ingin punya snape buat ngoceh2 kalo lg insomnia. terserah deh dia mo ngomong apa, biar dia ngomong sambil empok2 (apa sih bahasanya? tepuk2 maksudnya) sampe gue ketiduran.

adisti daramutia said...

Iya, bagi gw adegan yang paling sedih itu pas Snape nangisin Lily. Padahal waktu baca bukunya, gw paling sedih pas Fred Weasley yang mati.

Icha Himawari said...

Ya Tuhan itu Emma Watson di gambar paling bawah. >_<

Eh katanya di wawancara apa gitu, Madam Helena bilang kalo dari dulu dia pengen jadi Hermione, dan dia ga ngerti kenapa bukan dia yang dipilih jadi Hermione. XD

Aaaaanyway, reviewnya DAN TERUTAMA GAMBAR2NYA bikin pengen nonton lagi. Dan lagi. Dan lagi.

Temen gw baru tadi pagi nanya Harry sebenernya anak sapa, jangan2 anak Lily ama Severus hahaha

Icha Himawari said...

Oh lupa. Yang Severus sadar kalo Harry adalah horcrux dan Dumbledore sengaja ga membiarkan Harry mati... huauuuuuuunggg! T___________T

Velisha ~ said...

hahahaha... bikin fanfic-nyaaaaaaa

Aryanti Pujidwiastuti said...

T^T
udah baca bukunya, udah dibocorin bakal bikin nangis di scene2 tertentu (yg biasanya kalo dikasih tau duluan malah jadi gak nangis) tapi tetep aja nangis pas nonton dengan mata sendiri di bioskop.

ini juga... setelah itu semua, baca reviewnya pun bikin pengen nangis lagi~
akh~
berasa pengen baca nonton ulang dari 1-7 itu... hauunnggggg~~~~~~~~~~~~~
;_____;

sora ogawa said...

Ingn nonton lagiiiii!!!! Gak puwas coz nonton di deretan terdepan n telat bbrp menit krn filmnya mulai lbh cepat dr jadwal n gada konfirmasi! *masih bete*

aku eLmo kamu siapa said...

aku pengin koleksi Severus Snape/Alan Rickman, whichever, Alex Kapranos, Jeremy Irons sama Gabriel Byrne buat ngeedongengin aku kalo gak bisa tidur.
mau rame2 mau bergantian, terserah.
mau bacain buku telpon juga gak papa ....

aku eLmo kamu siapa said...

aduh adegan flashback itu udah pol banget deh sedihnya T_T

aku eLmo kamu siapa said...

iya bok!
tmbuh dewasa dengan sukses ya doi?
Madam Helena itu memang menggemaskan ^^

emang mencurigakan sih kalo James itu bener bapaknya Harry, gak ada ganteng2nya acan!

aku eLmo kamu siapa said...

*nangis gerung gerung di pojokan*

aku eLmo kamu siapa said...

pajamas party marathon Harry Potter T___T

aku eLmo kamu siapa said...

hah? koq bisa filmnya mulai lebih awal? O_o
nonton lagi ajaaaa ... gak rugi koq! :p

Resti Purniandi said...

Bener" tanpa ampun aku menangisss. Reviewmu mewakili perasaanku. Pas keluar bioskop patah hati banget rasanya. Thank God film terakhir ini epic, jd biar sedih tp puas, tp sedih. Teteup.

Icha Himawari said...

Pajamas party marathon Harry Potter! Brilliant! Mauuuu!

sora ogawa said...

Gak tau tuh. Mana mbak2 penjaga tiketnya ngotot kalo udah manggilin semenara saya ngotot ga denger penonton studio 4 disebut-sebut.

Takada temaaannnn.... T__T

alfi yasmina said...

kenapa si ALbus Severus Potter gak ditampilin mukanye di sini? *protes* anak layak ijon ituuuh!

alfi yasmina said...

seperti kataku tentang Lord of the Ring bahwa tokoh utamanya sebenarnya Sam Gamgee karena pencapaian terbesar yang diperolehnya dalam serial itu, maka Harry Potter series ini sebenarnya tentang cowok tertua yang kujatuhi cinta itu *halah* yaitu tentang Snape.

eh itu yaoloo, kenapa tampang Fiennes kau taruh yang muka seksi, tapi malah tampang Alan (ya, I am on first-name basis here) kok gak dipilihin yang seksi juga??? mana koleksi foto seksi Alan semasa dirimu masih di KaGe, Mo?

aku eLmo kamu siapa said...

nonton sendiri aja :|

aku eLmo kamu siapa said...

it's like breaking up with a fantastic boyfriend ya, Res T_T

aku eLmo kamu siapa said...

kalo kata Suppi, sewa satu kamar kos selama .... 3 hari buat marathon HP dan LOTR XD

aku eLmo kamu siapa said...

kealingan Severus yang lain XD
ababil2 yg udah nonton Hallows 2 pada suka dia. tantangannya kurang jadinya :(

aku eLmo kamu siapa said...

eh justru aku taronya yg itu muka Alan, manissss .... ghemeesss ...

iya tuh si gundul tak berhidung diam2 ng'gilani gitu ya?
bah!

nunu chantique said...

elmo...aku nangis2 bombay nontonnya..
..diketawain dgn sukses sama mbak diana & uwi.. T__T
udahlah mewekan gini, kok ya si om david jago bgt merangkai adegan2nya...

aku eLmo kamu siapa said...

iya kaaannn????
kayanya dia balas dendam deh sebelum2nya buku setebel2 bagong telentang diejejlin 2 jam aja T____T

Post a Comment

 
;